Form WhatsApp

Apa Beda Outing Outbound dan Gathering?

shape image

Apa Beda Outing Outbound dan Gathering?

Konsep ‘Back to Nature’ atau kembali ke alam kini sudah semakin banyak digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari ragam kuliner, fashion, properti, interior, sampai pada cara pendidikan dan pengajaran. Tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan dalam kehidupan di tengah kemajuan teknologi yang semakin mungkin mewujudkan semua menjadi serba instan.

Dalam artikel ini kita akan bicarakan tentang bagaimana cara pendidikan dan pengajaran  yang menggunakan konsep tersebut. Penerapan back to nature pada cara pendidikan dan pengajaran diwujudkan dalam aktivitas maupun kegiatan yang dilakukan di alam terbuka. Saat ini, menggelar kegiatan di alam terbuka sudah semakin digemari masyarakat dari berbagai kalangan dan usia. Baik anak-anak, remaja, maupun dewasa sudah mengenal semua jenis kegiatan yang dilakukan di alam terbuka.
Di lingkungan sekolah, kegiatan seperti outing class, field trip, study tour, science camp, dan LDKS banyak digelar di alam terbuka. Bahkan acara perpisahan sekolah yang biasanya berlangsung di dalam gedung pertemuan, sudah beralih ke luar ruangan dengan berbagai aktivitas seperti outbound.
Kegiatan di alam terbuka yang banyak diselenggarakan oleh  masyarakat umum dan lingkungan perusahaan dapat berupa outing, gathering dan outbond. Meski sudah kian digemari, belum banyak yang mengetahui apa persamaan dan perbedaan dari kegiatan outing, gathering dan outbound. Melalui tulisan ini mungkin akan memberikan pemahaman mengenai definisi beserta jenis-jenis dari ketiganya sehingga dapat berguna juga bagi anda yang ingin menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Outing
Program Outing merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh umum, perusahaan maupun sekolah yang bersifat menyenangkan atau rekreasi di alam terbuka sebagai sarana hiburan untuk meningkatkan keakraban. Biasanya outing diisi dengan acara bebas atau permainan ringan yang tidak terlalu berat secara fisik, pikiran dan emosional. 
Seperti karaoke, bakar jagung, dll. Jika menginap, kebanyakan menggunakan hotel atau villa. Tempat yang dituju seperti daerah pegunungan, pantai, atau tempat-tempat rekreasi.
Outbound
Outbound merupakan kegiatan yang diselenggarakan suatu komunitas atau perusahaan yang bersifat edukatif. Beberapa jenis permainan atau games dalam outbound seperti permainan strategi, brain games, fun games, ice breaking, team building, dll. Saat ini, outbound juga banyak digelar sekolah-sekolah dengan jenis permainan yang disesuaikan dengan usia para siswa yang menjadi pesertanya.  Dalam outbound, peserta dilatih untuk dapat meningkatkan kemandirian, empati, teamwork, komunikasi, kepemimpinan, dan kesabaran. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan tersebut, peserta dapat memiliki sikap dan karakter yang lebih baik misalnya menjadi lebih kreatif, disiplin dan bertanggung jawab.
 Gathering
Gathering adalah kegiatan untuk keluarga besar, komunitas ataupun perusahaan yang diselenggarakan di satu lokasi baik di dalam maupun luar ruangan dengan tema yang telah disepakati. Acaranya biasanya dikemas hanya untuk rekreasi atau hiburan yang bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi, membangun keakraban dan rasa kekeluargaan. Dalam kegiatan gathering bisa disisipkan beberapa bentuk permainan outbound yang dikombinasikan dengan kegiatan program wisata. Bagi perusahaan, ada 3 jenis gathering yakni :
  • Employee Gathering (gathering karyawan), diselenggarakan untuk menambah keakraban antar karyawan maupun karyawan dengan atasan. Biasanya perusahaan yang menyelenggarakan employee gathering adalah perusahaan besar yang memiliki banyak divisi. Beberapa permainan outbound sering digunakan untuk mengisi kegiatan gathering ini.

  • Family Gathering (gathering keluarga), digelar untuk membangun hubungan kekeluargaan antara manajemen perusahaan dengan keluarga karyawan. Karena  itu family gathering kebanyakan diikuti oleh peserta dengan jumlah besar dari berbagai kalangan dan usia.
  •      
  • Customer Gathering (gathering pelanggan), diselenggarakan agar pelanggan dapat mengenal pihak penyedia jasa maupun produk tertentu. Beberapa kalangan sering menyebut customer gathering sebagai kopdar (kopi darat). Customer Gathering biasanya banyak diadakan oleh perusahaan perbankan, telekomunikasi, dan media. Kegiatan ini sering diisi oleh acara penarikan undian, doorprize, dan launching produk terbaru.
Karena kegiatan gathering seringkali melibatkan peserta dalam jumlah besar dan dari berbagai kalangan serta usia, maka penyelenggarannya tetap membutuhkan persiapan khusus.
Jika dilihat dari tempat digelarnya kegiatan, antara kegiatan outing, outbound maupun gathering memiliki persamaan yakni lebih banyak berlangsung di luar ruangan / alam terbuka (outdoor activity). Sementara perbedaannya dapat dilihat dari aktivitasnya. Untuk kegiatan gathering dan outing tidak terlalu berat secara fisik, pikiran dan emosional karena semua aktivitasnya mengarah pada aspek menyenangkan (fun). Oleh karena itu tidak diperlukan persiapan khusus untuk pelaksanaannya. 
Sedangkan dalam kegiatan outbound, diperlukan pelatihan yang membutuhkan lebih banyak aktivitas fisik, emosional dan pikiran. Sehingga outbound membutuhkan persiapan matang untuk menggelarnya dan selama pelaksanaan pun membutuhkan instruktur / pengajar yang memang benar-benar menguasai materi.
Apapun persamaan dan perbedaannya, baik kegiatan outing, outbound maupun gathering memiliki fungsi sebagai refreshing atau penyegaran dari padatnya rutinitas sehari-hari. Manfaatnya adalah untuk menyeimbangkan hidup agar menjadi lebih baik.





, outbound mu

Manfaat Family Gathering Lembang - Pangalengan dan Ciwidey

Kinerja perusahaan terkadang meningkat, namun juga terkadang mengalami penurunan karena adanya konflik internal. Konflik internal tersebut d...

© Copyright 2021 Kallebos Event Organizer - Tour Wisata | Bandung | Bali | Makassar

Form WhatsApp

Pemesanan ini membutuhkan aplikasi WhatsApp.

Order now