Form WhatsApp

Sangat Pentingnya Employee Gathering

shape image

Sangat Pentingnya Employee Gathering


Sebagian besar manajemen perusahaan masih meremehkan atau menganggap sebelah mata kegiatan employee gathering. Mereka menilai kegiatan employee gathering hanya sebagai acara hura-hura, main-main, ketawa-ketawa yang tidak memberikan dampak signifikan terhadap produktivitas kerja karyawannya.

Bahkan seringkali biaya yang telah dikeluarkan perusahaan untuk menyelenggarakan kegiatan employee gathering, hanya akan menjadi pengeluaran yang kurang bermanfaat dan tidak memberikan efek positif untuk perusahaan.

Hal tersebut sangat wajar, karena bagi pihak manajemen, setiap biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan harus diperhitungkan dengan sangat cermat dan direncanakan dengan matang sehingga tidak membebani keuangan perusahaan disebabkan oleh pengeluaran yang tidak tepat guna.

Tetapi, apakah kegiatan employee gathering memang tidak memberikan dampak positif sama sekali terhadap kinerja karyawan? Apakah biaya yang dikerluarkan untuk menyelenggarakan employee gathering hanya bentuk penyia-nyiaan uang perusahaan?

Melalui artikel ini kami ingin menjawab permasalahan tersebut dan memberikan solusi bagi manajemen perusahaan yang masih memandang skeptis terhadap kegiatan employee gathering.



Pertama, Salah Memilih Provider

Inilah kesalahan pertama dan yang sangat vital dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk penyelenggaraan kegiatan employee gathering mereka. Menjamurnya provider (perusahaan penyedia jasa) kegiatan employee gathering membuat persaingan harga antar perusahaan menjadi sangat kompetititif.

Disatu sisi hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan atau pengguna jasa yang ingin menyelenggarakan employee gathering, karena mereka memiliki banyak pilihan untuk menentukan harus bekerja sama dengan perusahaan yang mana yang sesuai dengan keuangan perusahaan.

Tapi disisi lainnya, hal ini memiliki dampak yang tidak sehat bagi perusahaan penyedia jasa kegiatan employee gathering. Karena persaingan untuk mendapatkan pengguna jasa, mereka harus memangkas biaya agar mampu menarik minat pengguna jasa untuk bekerja sama dengan mereka. Akhirnya provider tersebut menentukan harga jual yang sangat murah agar pengguna jasa tertarik bekerja sama.

Karena harga yang ditawarkan oleh provider atau perusahaan penyedia jasa dianggap sesuai bahkan mungkin lebih murah dari anggaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan, maka tanpa perlu mempedulikan program yang ditawarkan, manajemen akan memutuskan bekerja sama dengan provider ini untuk menyelenggarakan employee gathering perusahaan mereka.

Inilah kesalahan yang banyak dilakukan oleh manajemen perusahaan. Uang yang telah dikeluarkan oleh perusahaan untuk menyelenggarakan employee gathering tidak memberikan dampak positif terhadap kinerja karyawan dan perusahaan. Inilah kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan, yang telah asal-asalan memilih provider dan hanya tergiur oleh harga murah yang ditawarkan.


Kedua, Desain Program Yang Tidak Tepat

Desain program menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan kegiatan employee gathering. Ketika program yang dirancang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka hasilnya pun bisa dirasakan langsung oleh perusahaan setelah pelaksanaan kegiatannya. Tetapi yang seringkali terjadi adalah hasil kegiatan employee gathering tidak sesuai dengan harapan perusahaan sebab desain program yang dirancang tidak tepat.

Hal ini kembali kepada poin pertama yang telah disebutkan diatas, bahwa kebanyakan perusahaan hanya menggunakan standar harga untuk memilih provider atau perusahaan penyedia jasa. Sehingga tidak lagi memperhatikan desain program yang dirancang oleh perusahaan pernyedia jasa. Kemudian yang terjadi adalah kegiatan employee gathering hanya berisi kegiatan hura-hura, ketawa-ketawa, main-main yang kesemuanya berujung pada kesiaa-siaan dan kerugiaan bagi perusahaan.

Oleh sebab itu, agar kegiatan employee gathering bisa sesuai dengan harapan perusahaan dan biaya yang dikeluarkan tidak sia-sia, maka sebaiknya pihak manajemen mendiskusikan secara matang dengan perusahaan penyedia jasa mengenai desain program yang akan dijalankan.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata atau outbound gathering secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

 Chat WhatsApp   Call Handphone 







Manfaat Family Gathering Lembang - Pangalengan dan Ciwidey

Kinerja perusahaan terkadang meningkat, namun juga terkadang mengalami penurunan karena adanya konflik internal. Konflik internal tersebut d...

© Copyright 2021 Kallebos Event Organizer - Tour Wisata | Bandung | Bali | Makassar

Form WhatsApp

Pemesanan ini membutuhkan aplikasi WhatsApp.

Order now